RSS

Ayat-Ayat Yang Berbeda Antara ALKITAB dan ALKITAB

05 Mei

TUHAN MAHA ESA ATAUKAH LEBIH DARI SATU ?

1. TUHAN MAHA ESA ATAUKAH LEBIH DARI SATU?
 
 AL-KITAB                        AL-KITAB
 
 YAHYA: ALLAH MAHA ESA, DAN      MAZMUR & RASUL-RASUL: TUHAN
 YESUS KRISTUS SURUHAN ALLAH.    BERFIRMAN KEPADA TUHANKU.
 
 Inilah hidup yang kekal,        Mazmur Daud. Bahwa Tuhan
 yaitu supaya mereka itu         telah berfirman kepada
 mengenal Engkau, Allah yang     Tuhanku [*]: Duduklah Engkau
 Esa dan benar, danYesus         pada kananku, sampai sudah
 Kristus yang telah Engkau       kutaruh segala seterumu akan
 suruhkan itu. (Yahja 17: 3)     alas kakimu. (Mazmur 110: 1)
 
 Tidak dapat seorang juapun      Karena bukannya Daud naik ke
 bertuankan dua orang; karena    surga, melainkan ia sendiri
 tak dapat tiada seorang         mengatakan: Tuhan telah
 dibencinya dan seorang          berfirman kepada Tuhanku;
 dikasihinya kelak, atau ia      Duduklah Engkau disebelah
 berpegang pada seorang dan      kananku. [*] (Rasul-rasul 2:
 meringankan yang lain.          34)
 Tiadalah dapat kamu
 bertuhankan Allah               [*] Dengan kalimat "Tuhan
 bersama-sama dengan Mammon.     telah berfirman kepada
 (Matius 6: 24)                  Tuhanku" berarti paling
                                 sedikit ada dua Tuhan.
2. TUHAN YANG ESA ITU ALLAH ATAUKAH YESUS KRISTUS?
 
 AL-KITAB                        AL-KITAB
 
 ULANGAN: TUHAN YANG ESA ITU     YEHUDA: TUHAN YANG ESA ITU
 ALLAH.                          YESUS KRISTUS.
 
                                 Karena ada beberapa orang
 Maka kepadamulah ia itu         merangkak masuk dengan
 ditunjuk, supaya diketahui      sembunyi, yaitu orang yang
 olehmu bahwa Tuhan itulah       dahulunya sudah tersedia
 Allah, dan kecuali Tuhan        hukumannya; orang fasik,
 yang esa tiada yang lain        yang mengubahkan anugerah
 lagi. (Ulangan 4: 35)           Allah Tuhan kita, kepada
                                 perkara melakukan
                                 percabulan, sambil
                                 menyangkal Penghulu dan
                                 Tuhan kita yang Esa, yaitu
                                 Yesus Kristus. (Yehuda 1; 4)
3. YESUS ITU TUHAN ATAUKAH BUKAN?
 
 AL-KITAB                        AL-KITAB
 
 YAHYA: YESUS ITU TUHAN.         MARKUS : YESUS MENGELUH. YA
 ALLAH DIDALAM YESUS, DAN        TUHANKU, YA TUHANKU, MENGAPA
 YESUSPUN DIDALAM ALLAH.         ENGKAU MENINGGALKAN AKU?
 
 Aku dan Bapa itu Satu           25Maka pada pukul sembilan
 adanya. Lalu sekali lagi        pagi disalibkannya Dia.
 orang Yahudi memungut batu      34Maka pada jam pukul tiga,
 hendak merajam Dia. Maka        berserulah Yesus dengan
 jawab Yesus kepada mereka       nyaring suaranya, katanya:
 itu: "Banyak perbuatan yang     "Eloi, Eloi, lama
 baik daripada Bapaku Aku        sabakhtani? " yang
 tunjukkan kepadamu; oleh        diterjemahkan artinya: "Ya
 karena perbuatan yang           Tuhanku, ya Tuhanku, apakah
 manakah kamu hendak merajam     sebabnya Engkau meninggalkan
 Aku? " Lalu jawab orang         Aku?" (Markus 15; 25, 34)
 Yahudi kepadanya: "Memang
 karena perbuatan yang baik      Tetapi adapun nabi yang
 tiada kami merajam Engkau,      melakukan dirinya dengan
 hanya sebab menghujat Allah,    sombong dan mengatakan
 dan lagi sebab Engkau ini       firman dengan namaku yang
 seorang manusia menjadikan      tiada kusuruh katakan, atau
 Dirimu Allah. Maka jawab        yang berkata dengan nama
 Yesus kepada mereka itu:        dewa-dewa, niscaya orang
 "Bukankah didalam Tauratmu      nabi itu akan mati dibunuh
 telah tersurat demikian: Aku    hukumnya. (Ulangan 18; 20)
 sudah berfirman, kamulah
 alihah? Jikalau kepada          Catatan: Apabila Yesus itu
 orang-orang yang sudah          Tuhan, mengapa berseru:
 disampaikan firman Allah itu    "Tuhanku, ya Tuhanku, apakah
 dipanggil alihah (maka isi      sebabnya Engkau meninggalkan
 al-Kitab itu tiada dapat        Aku?" Dan mengapa Yesus mati
 dibatalkan), Patutkah kamu      dibunuh/disalib seperti
 ini mengatakan kepada Dia       seorang nabi yang sombong,
 itu, yang dikuduskan oleh       sebagaimana kutuk Ulangan
 Bapa dan yang disuruhkannya     18: 20? Menurut Al-Qur'an:
 kedalam dunia: Engkau ini       Yesus tidak mati disalib,
 menghujat Allah, sebab          tetapi yang disalib adalah
 kataku: Aku ini anak Allah?     orang lain yang diserupakan
 Jikalau tiada Aku kerjakan      Yesus. Dengan demikian
 segala pekerjaan Bapaku,        Al-Qur'an lebih membenarkan
 janganlah kamu percaya akan     Yesus (nabi Isa a.s.)
 Daku. Tetapi jikalau Aku        sebagai utusan Tuhan, yang
 mengerjakan dia, percayalah     tiada sombong dan dusta,
 akan pekerjaan itu, meskipun    yang tidak mendakwakan
 tiada kamu percaya akan         dirinya Tuhan, dan yang
 Daku, supaya kamu makin         tidak terkena kutuk mati
 mengetahui dan mengerti         dibunuh.
 bahwa Bapa itu didalam Aku
 dan Aku pun didalam Bapa.
 (Yahya 10; 30-38)
4. TIADA TUHAN YANG LAIN KECUALI ALLAH ATAUKAH ADA YANG LAIN?
 
 AL-KITAB                        AL-KITAB
 
 RAJA-RAJA & MATIUS: TIADA       KORINTUS & EPESUS: ADA TUHAN
 ALLAH YANG LAIN.                YANG LAIN.
 
 Supaya diketahui oleh segala    Tetapi kepada kita ada Satu
 bangsa yang diatas bumi,        sahaja, yaitu Allah Bapa,
 bahwa Tuhan juga Allah, dan     maka segala sesuatu daripada
 tiada Allah lain. (Raja-raja    Dialah asalnya, dan kita
 8: 60)                          menuju Dia. dan Tuhan pun
                                 Satu juga, yaitu Yesus
 Lalu kata Yesus kepadanya:      Kristus, oleh sebabnyalah
 "Enyahlah engkau dari sini,     ada segala sesuatu, dan
 hai Iblis, karena telah         kitapun ada oleh sebabnya.
 tersurat: 'Hendaklah engkau     (1 Korintus 8: 6)
 menyembah Allah, Tuhanmu,
 dan beribadat kepadanya         Turunlah kiranya atas kamu
 sahaja." (Matius 4: 10)         anugerah dan sejahtera dari
                                 pada Allah Bapa kita dan
                                 Tuhan Yesus Kristus.
                                 (Epesus 1; 2)
5. YESUS ITU TUHAN ATAU HAMBA TUHAN?
 
 AL-KITAB                        AL-KITAB
 
 RUM: YESUS ITU TUHAN.           RASUL-RASUL: YESUS ITU HAMBA
                                 TUHAN.
 Baik tinggi atau dalam, atau
 barang makhluk yang lainpun,    Bahwa Tuhan Ibrahim dan
 tiada dapat menceraikan kita    Tuhan Ishak dan Tuhan Yakub,
 daripada kasih Allah, yang      yaitu Tuhan nenek moyang
 didalam Kristus Yesus, Tuhan    kita, mempermuliakan
 kita. (Rum 8: 39)               Hambanya, yaitu Yesus, yang
                                 memang kamu ini serahkan dan
 Karena jikalau engkau           kamu sangkal dihadapan
 mengaku dengan mulutmu bahwa    Pilatus tatkala ia bermaksud
 Yesus itu Tuhan, dan yakin      melepaskan Dia. (Rasul-rasul
 didalam hatimu bahwa Allah      3: 13)
 telah membangkitkan Dia dari
 antara orang mati itu, maka     Karena dengan sesungguhnya
 engkau akan selamat. (Rum       didalam negeri ini Herodes
 10: 9)                          dan Pontius Pilatus beserta
                                 dengan orang kafir dan
 Karena orang yang semacam       segala kaum Israel itu sudah
 ini bukannya bertuhankan        berhimpun melawan Yesus
 Tuhan kita, yaitu Kristus,      Hambamu yang kudus, yang
 melainkan bertuhankan           telah Engkau urapi itu.
 perutnya sendiri: dan dengan    (Rasul-rasul 4: 27)
 perkataan yang manis dan
 elok mereka itu                 Serta mengedangkan tangan
 memperdayakan orang yang        kuasamu akan menyembuhkan
 tulus hati. (Rum 16: 18)        orang, dan mengadakan
                                 beberapa tanda ajaib dan
                                 mukjizat dengan nama Yesus
                                 Hambamu yang kudus.
                                 (Rasul-rasul 4: 30)
6. YESUS ITU TUHAN ATAUKAH BERTUHANKAN ALLAH?
 
 AL-KITAB                        AL-KITAB
 
 RUM: YESUS ITU TUHAN.           MARKUS & YAHYA: YESUS ITU
                                 BERTUHANKAN ALLAH.
 Maka aku tahu dan yakin
 didalam Tuhan Yesus, bahwa      Maka datanglah seorang ahli
 suatupun tiada yang najis       Taurat: setelah didengarnya
 sendiri, melainkan kepada       bagaimana mereka itu
 orang yang menyangkakan         berbalah-balah sedang
 apa-apa najis, maka             diketahuinya, bahwa Yesus
 kepadanyalah najis. (Rum 14:    sudah memberi jawab yang
 14)                             baik, lalu ia pula menjual
                                 Dia, katanya: "Hukum yang
 Supaya dengan sehati dan        manakah yang terutama
 semulut kamu memuliakan         sekali?" Maka jawab Yesus
 Allah, yaitu Bapa Tuhan kita    kepadanya: "Hukum yang
 Yesus Kristus. (Rum 15: 6)      terutama inilah: Dengarlah
                                 olehmu, hai Israel, adapun
 Adalah kiranya anugerah         Allah Tuhan kita, Ia-lah
 Tuhan kita Yesus Kristus        Tuhan yang Esa." (Markus 12:
 menyertai kamu sekalian!        28-29)
 Amin. (Rum 16: 24)
                                 Maka Yesus pun bersabda
                                 kepadanya: "Janganlah engkau
                                 menyentuh Aku, karena belum
                                 Aku naik kepada Bapa, tetapi
                                 pergilah engkau kepada
                                 segala saudaraku, dan
                                 katakanlah pada mereka itu,
                                 Aku naik kepada Bapaku dan
                                 Bapamu, dan kepada Tuhanku
                                 dan Tuhanmu. (Yahya 20: 17)
7. YESUS ITU TUHAN ATAUKAH MILIK TUHAN?
 
 AL-KITAB                        AL-KITAB
 
 GALATIA: YESUS ITU TUHAN.       1 KORINTUS: YESUS ITU MILIK
                                 ALLAH.
 Turunlah kiranya atas kamu
 anugerah dan sejahtera          Tetapi aku suka kamu
 daripada Allah Bapa kita,       mengetahui, bahwa kepala
 dan Tuhan Yesus Kristus.        tiap-tiap laki-laki itu
 (Galatia 1; 3)                  Kristus, dan kepala
                                 perempuan itu laki-laki, dan
 Adalah kiranya anugerah         kepala Kristus itu Allah.
 Tuhan kita Yesus Kristus        (1 Korintus 3; 11)
 menyertai roh kamu, hai
 saudara-saudaraku. Amin.        Tetapi kamu milik Kristus,
 (Galatia 6: 18)                 dan Kristus itu milik Allah.
                                 (1 Korintus 3; 23)
8. YESUS ITU TUHAN ATAUKAH PESURUH TUHAN?
 
 AL-KITAB                        AL-KITAB
 
 KORINTUS: YESUS ITU TUHAN.      YAHYA: YESUS ITU PESURUH
                                 TUHAN.
 Kepada sidang jemaat Allah
 yang di negeri Korintus,        Sesungguh-sungguhnya Aku
 yaitu kepada segala orang       berkata kepadamu: Barang
 yang dikuduskan didalam         siapa yang mendengar
 Kristus, dan yang dipanggil     perkataanku serta percaya
 menjadi orang suci, dengan      akan Yang menyuruhkan Aku,
 sekalian orang yang menyeru     ia itu beroleh hidup yang
 nama Tuhan kita Yesus           kekal, dan tiada masuk
 Kristus disegala tempat.        kedalam hukuman. melainkan
 yaitu tempat mereka itu dan     ia sudah berpindah daripada
 kita: (1 Korintus 1; 2)         mati kepada hidup
                                 (Yahya 5: 24)
 Sehingga tiada kamu
 berkekurangan barang sesuatu    Suatupun tiada Aku dapat
 karunia, sementara              berbuat menurut kehendakku
 menantikan kenyataan Tuhan      sendiri, melainkan Aku
 kita Yesus Kristus, yang        menjalankan hukum
 juga akan menetapkan kamu       sebagaimana yang Aku dengar,
 sampai kepada kesudahan,        dan hukumku itu adil hanya;
 supaya kamu tiada bercela       karena bukannya Aku mencari
 pada hari Tuhan kita Yesus      kehendak Diriku. melainkan
 Kristus. (1 Korintus 1; 7-8)    kehendak Dia yang
                                 menyuruhkan Aku.
                                 (Yahya 5; 30)
9. YESUS ITU TUHAN ATAUKAH ORANG?
 
 AL-KITAB                        AL-KITAB
 
 KORINTUS: YESUS ITU TUHAN.      RASUL-RASUL: YESUS ITU
                                 ORANG.
 Setiap-tiap hari aku menahan
 mati, hai saudara-saudaraku,    Hai orang Israel, dengarlah
 demi kemegahanku dari hal       olehmu akan perkataanku ini:
 kamu yang ada padaku didalam    Adapun Yesus orang Nazaret
 Kristus Yesus, Tuhan kita.      itu, seorang yang disahkan
 (1 Korintus 15: 31)             Allah kepadamu dengan
                                 perbuatan kuasa dan mujizat
 Tetapi syukurlah kepada         dan tanda ajaib yang
 Allah Yang mengaruniai kita     diadakan Allah dengan tangan
 kemenangan oleh sebab Tuhan     Yesus diantara kamu, seperti
 kita Yesus Kristus.             yang kamu ketahui sendiri.
 (1 Korintus 15, 57)             (Rasul-rasul 2: 22)
 
 Maka anugerah Tuhan Yesus       Maka kata Petrus: "Emas
 itu menyertai kiranya kamu.     perak tidak ada padaku,
 (1 Korintus 16; 23)             tetapi apa yang ada padaku,
                                 itulah aku berikan kepadamu,
                                 yaitu: Dengan nama Yesus
                                 Kristus, orang Nazaret itu,
                                 berjalanlah!"  (Rasul-rasul
                                 3: 6)
10. DAPATKAH MANUSIA MENJADI TUHAN?
 
 AL-KITAB                        AL-KITAB
 
 IBRANI: TATKALA YESUS           AYUB: TUHAN BUKAN MANUSIA
 DIDALAM KEADAAN MANUSIA...      ADANYA SEPERTI AKU INI.
 
 5Demikian juga Kristus tiada    Bahwasanya bukan Ia manusia
 menuntut hak kemuliaan Imam     adanya seperti aku ini,
 Besar, melainkan Ia yang        sehingga aku dapat memberi
 telah berfirman Kepadanya:      jawab kepadanya, dan
 'Bahwa Engkaulah Anakku;        menghadap hukum bersama-sama
 pada hari ini Aku               dengan Dia. (Ayub 9: 32)
 memperanakkan Dikau. 7Maka
 Ia pun, tatkala didalam         Apa gerangan manusia, maka
 keadaan manusia, sudah          oleh ia suci? seorang yang
 mempersembahkan doa dan         diperanakkan oleh perempuan
 permintaan kepada Yang          masakan ia benar?
 Berkuasa menyelamatkan Dia      (Ayub 15: 14)
 daripada maut, dengan teriak
 yang kuat, dan dengan air
 matanya, maka doanya
 dikabulkan dari sebab
 ketakutannya akan Allah.
 (Ibrani 5: 5, 7)
11. DAPATKAH YANG DIPERANAKKAN PEREMPUAN ITU MENJADI TUHAN?
 
 AL-KITAB                        AL-KITAB
 
 LUKAS; DAPAT, YAITU YESUS.      AYUB: BAGAIMANA ORANG YANG
                                 DIPERANAKAN PEREMPUAN ITU
 Sesungguhnya engkau akan        SUCI DARI SALAH?
 hamil, dan beranakkan
 seorang anak laki-laki, maka    Maka bagaimana gerangan
 hendaklah engkau namakan Dia    manusia benar dihadapan
 Yesus. Maka Ia akan menjadi     Allah? bagaimana gerangan
 besar, dan Ia akan dikatakan    orang yang diperanakkan oleh
 Anak Allah Yang Mahatinggi;     perempuan itu suci daripada
 maka Allah, Tuhan kita, akan    salah? (Ayub 25: 4)
 mengaruniakan kepadanya
 takhta Daud, nenek moyangnya    1Adapun manusia yang
 itu. (Lukas 1; 31-32)           diperanakkan oleh perempuan
                                 itu sedikit jua hari
 Maka bertuturlah Tuhan,         hidupnya dan berpuas-puas ia
 (Yesus. Pen.) kepada            dengan kesukaran. 4Siapa
 murid-muridnya; "Tak dapat      gerangan dapat menerbitkan
 tiada akan jadi beberapa        yang suci daripada yang
 perkara yang mendatangkan       najis? Seorangpun tidak.
 kesalahan; tetapi celakalah     (Ayub 14: 1, 4)
 atas orang, yang menjebabkan
 kesalahan itu!                  Masakan manusia adil
 (Lukas 17: 1)                   daripada Allah; masakan
                                 seorang laki-laki suci
 Setelah masuk, maka             daripada Yang menjadikan
 didapatinya bahwa mayat         dia! Bahwasanya akan
 Tuhan Yesus itu sudah tiada.    hamba-hambanya pun tiada Ia
 (Lukas 24: 3)                   percaya dan akan segala
                                 malaikatnya juga didapatinya
                                 berkecelaan adanya.
                                 (Ayub 4: 17-18)
12. DENGAN NAMA "TRINITAS" ATAUKAH MENYEMBAH ALLAH SAJA?
 
 AL-KITAB                        AL-KITAB
 
 MATIUS: DENGAN NAMA TIGA        LUKAS: SEMBAHLAH ALLAH
 OKNUM.                          SAHAJA.
 
 Sebab itu pergilah kamu,        Maka jawab Yesus serta
 jadikanlah sekalian bangsa      berkata kepadanya: "Adalah
 itu muridku, membaptiskan       tersurat; Bahwa wajiblah
 dia dengan nama Bapa, dan       engkau sujud menyembah Allah
 Anak dan Rohulkudus. (Matius    Tuhanmu dan beribadat hanya
 28: 19)                         Kepadanya sahaja."
                                 (Lukas 4; 8)
13. AYAT YANG MERAGUKAN AJARAN "TRINITAS"
 
 1 YAHYA: YESUS MENJADI SAKSI DI BUMI, BUKAN YANG DI SURGA.
 
 Inilah Dia, yang sudah datang dengan air dan  dengan  darah,
 yaitu   Yesus  Kristus,  maka  bukanya  dengan  air  sahaja,
 melainkan dengan air dan dengan darah.  Maka  Roh  itu  yang
 menyaksikan,  karena Roh itulah yang benar. Karena tiga yang
 menjadi  saksi  di  surga,  yaitu  Bapa   dan   Firman   dan
 Rohulkudus,  maka  ketiganya  itu menjadi Satu; dan ada tiga
 yang menjadi saksi di bumi, yaitu Ruh dan air dan darah maka
 ketiganya itu menjadi satu tujuan. (Yahya 5: 6-8)
 
 Catatan:  Ketiga  ayat  di  atas  diakui  sendiri  oleh umat
 Nasrani   sebagai   ayat-ayat   yang   meragukan   kebenaran
 "trinitas,"  karena air dan darah (yaituYesus Kristus) tidak
 menjadi saksi di surga, tetapi hanya menjadi saksi di  bumi.
 Pada  penutup  surat  1  Yahya tersebut termuat kalimat yang
 berbunyi "Maka inilah Tuhan yang sebenarnya,  yaitu  Allah."
 Apabila   air  dan  darah  itu  bukan  Allah  maka  gugurlah
 "trinitas."
 
 ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
 KELEMAHAN TRINITAS
 
 Semua penjelasan mengenai "trinitas" yang pernah saya dengar
 dan  baca,  meskipun  nampaknya  indah dan benar, tetapi toh
 selalu mengandung kelemahan.
 
                                             Tohari Musnamar.
 ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
14. ALLAH DIDALAM AKU, APAKAH BERARTI BAHWA AKU INI ALLAH?
 
 AL-KITAB                        AL-KITAB
 
 YAHYA: BAPA DIDALAM AKU, DAN    1 YAHYA: ALLAH TINGGAL
 AKU PUN DIDALAM BAPA.           DIDALAM KITA, KITA TINGGAL
                                 DIDALAM DIA.
 30Aku dan Bapa itu Satu
 adanya. 37Jikalau tiada Aku     Maka seorangpun belum pernah
 kerjakan segala pekerjaan       memandang Allah: jikalau
 Bapaku, janganlah kamu          kita berkasih-kasihan sama
 percaya akan Daku. 38Tetapi     sendiri, Allah tinggal
 jikalau Aku mengerjakan dia.    didalam kita, dan kasihnya
 percayalah akan pekerjaan       sempurnalah didalam kita.
 itu, meskipun tiada kamu        Dengan inilah dapat kita
 percaya akan Daku, supaya       mengetahui bahwa kita
 kamu makin mengetahui dan       tinggal didalam Dia. Ia pun
 mengerti bahwa Bapa itu         didalam kita, oleh sebab Ia
 didalam Aku dan Akupun          telah mengaruniakan kita
 didalam Bapa.                   daripada Rohnya.
 (Yahya 10: 30, 37-38)           (1 Yahya 4; 12. 13)
 
 Catatan: Kalimat-kalimat "Aku dan Bapa itu Satu adanya"  dan
 "Bapa  didalam  Aku, Akupun didalam Bapa" inilah yang sering
 dijadikan dalil bahwa Yesus itu Tuhan. Menurut  hemat  kami,
 kalimat  "Aku  dan  Bapa  itu Satu adanya" itu tidak berarti
 bahwa Aku dan Bapa itu "satu zatnya" atau "satu hakekatnya,"
 tetapi  yang  pasti  adalah  berarti  bahwa Aku dan Bapa itu
 "satu ajarannya" dan  "satu  prinsipnya,"  yaitu:  sama-sama
 mengajarkan  bahwa  manusia  wajib berTuhankan dan menyembah
 Allah sahaja, dan  bahwa  manusia  wajib  berbuat  kebajikan
 didunia.
 
 Sedang  anggapan  bahwa  kalimat  "Bapa  didalam Aku, Akupun
 didalam Bapa"  menunjukkan  keTuhanan  Yesus,  anggapan  itu
 dibantah  sendiri  oleh ayat-ayat 1 Yahya 4: 12, 13, 15. 16.
 dll., yaitu bahwa kitapun bisa tinggal  didalam  Allah,  dan
 Allah  tinggal  didalam  kita.  Yang demikian itu tentu saja
 tidak berarti bahwa "kita ini Allah" dan "Allah  itu  kita."
 (N.B.: Dalam AL-QUR'AN kepercayaan' semacam itu tidak ada!).
15. SIAPAKAH YANG DISEBELAH KANAN ALLAH: YESUS ATAUKAH DAUD?
 
 AL-KITAB                        AL-KITAB
 
 MARKUS: YESUS YANG DISEBELAH    MAZMUR: DAUD YANG DISEBELAH
 KANAN ALLAH.                    KANAN ALLAH.
 
 6Maka kata orang muda itu       1Surat peringatan Daud.
 kepada mereka itu:              Peliharakanlah aku ya Allah!
 "Janganlah kamu tercengang;     karena aku harap akan Dikau.
 kamu mencari Yesus, orang       8Maka pada sedekala aku
 Nazaret, yang sudah             melihat Tuhan dihadapanku,
 disalibkan itu. Ia sudah        sebab adalah Ia pada
 bangkit, tiada Ia disini,       kananku, maka tiada aku akan
 tengoklah tempat orang          tergelincuh. 10Karena tiada
 meletakkan Dia. 9Setelah        Engkau akan meninggalkan
 Yesus bangkit pagi-pagi pada    jiwaku dalam alam barzah dan
 hari yang pertama didalam       tiada Engkau membiarkan
 minggu itu, maka mula-mula      kesucianmu itu menjadi
 kelihatanlah Ia kepada          busuk. 11Maka Engkau memberi
 Maryam Magdalena, yang          tahu aku jalan yang menuju
 daripadanya telah               kehidupan; kekenyangan
 dibuangkannya tujuh setan.      dengan sukacita adalah
 19Setelah Tuhan (Yesus)         dihadapan hadiratmu dan
 bersabda demikian kepada        kesedapan pada kananmu
 mereka itu, maka                sampai selama-lamanya!
 terangkatlah Ia naik            (Mazmur 16; 1, 8, 10, 11)
 kesurga, lalu duduk
 disebelah kanan Allah.
 (Markus 16: 6, 9, 19)
 
 Catatan: Persoalan  siapa  "Anak  Sulung"  dan  siapa  "Yang
 disebelah   kanan  Allah:  Yesus  ataukah  Daud.  sebetulnya
 mempunyai latar-belakang yang dalam. Yaitu bersumber  kepada
 pertikaian  antara  pengikut agama Yahudi dan pengikut agama
 Nasrani. Pengikut agama Yahudi  berpendapat  bahwa  Al-Masih
 atau  Messiah  itu  adalah  Daud,  sedang  Yesus  itu adalah
 nabi-palsu   dan   anak-haram;   pengikut   agama    Nasrani
 berpendapat  bahwa  Al-Masih  atau Messiah itu adalah Yesus,
 sedang Daud nabi penzina dan perampas  isteri  orang.  Tentu
 saya pertikaian itu demikian runcing tanpa kompromi.
 
 Islam  sebagai  ummat  wasathan  (yang menjaga keseimbangan,
 atau "equilibrium") mengajarkan lain. Nabi Daud  a.  s.  dan
 nabi  Isa  a.  s. adalah sama-sama nabi dan sama-sama rasul,
 sama-sama kekasih Allah, tetapi sama bukan anak Allah.  Jadi
 sama  saja dengan nabi Ibrahim a. s., nabi Muhammad s. a. w.
 dan sebagainya.
 16. SIAPAKAH "ANAK SULUNG" TUHAN: YESUS ATAUKAH DAUD?
 
 AL-KITAB                        AL-KITAB
 
 RUM: ANAK SULUNG TUHAN          MAZMUR: ANAK SULUNG TUHAN
 ADALAH YESUS.                   ADALAH DAUD.
 
 1Maka oleh sebab itu            21Maka Aku telah mendapat
 sekarang tiadalah lagi          Daud hambaku, dan Aku telah
 hukuman keatas orang yang       menyirami dia dengan minyak
 didalam Kristus Yesus.          yang suci. 22Maka tanganku
 29Karena orang yang             akan menyokong dia selalu,
 dikenalnya terdahulu, ia itu    dan lenganku akan
 juga ditetapkannya terdahulu    mengkuatkan dia. 27Ia pun
 akan menjadi serupa dengan      akan memanggil akan Daku:
 teladan Anaknya, supaya Ia      Engkau juga Bapaku! Allahku
 itu menjadi anak sulung         dan gunung batu selamatku!
 diantara beberapa banyak        28Maka akupun akan
 saudara. (Rum 8: 1, 29)         menjadikan dia akan anak
                                 sulung, yang mahatinggi
                                 diatas segala raja-raja
                                 dibumi. (Mazmur 89: 21-22,
                                 27-28)
17. TUHAN FIRMANNYA BERUBAH-UBAH ATAUKAH TETAP?
 
 AL-KITAB                        AL-KITAB
 
 AYUB: TETAP BOLEHKAH ALLAH      SEMUIL: SEBENARNYA DAHULU
 MENGABAIKAN HUKUM?              AKU SUDAH BERFIRMAN, TETAPI
                                 SEKARANG ...
 1Maka disahut Bildad, orang
 Suhi itu, katanya: 3Bolehkah    Maka sebab itu firman Tuhan,
 Allah mengabaikan hukum?        Allah Israel, demikian:
 bolehkah Yang Mahakuasa         Sebenarnya dahulu Aku sudah
 menyalahkan barang yang         berfirman, bahwa orang isi
 benar? (Ayub 8: 1, 3)           rumahmu dan orang isi rumah
                                 bapamu akan berjalan
 Bahwa Allah sekali-kali         dihadapan hadiratku sampai
 tiada membuat salah, dan        selama-lamanya, tetapi
 Yang Mahakuasa tiada            sekarang firman Tuhan:
 mengubahkan hak.                Jauhlah ia itu dari padaku,
 (Ayub 38: 12)                   karena barangsiapa yang
                                 mempermuliakan Daku, maka
                                 Akupun mempermuliakan dia
                                 kelak, tetapi barangsiapa
                                 yang mencelakan Daku, ia itu
                                 akan dibinasakan:
                                 (1 Semuil 2: 30)
18. ANUGERAH DATANG DARI YESUS KRISTUS ATAUKAH DARI ALLAH BAPA?
 
 AL-KITAB                        AL-KITAB
 
 YEHUDA: DARI YESUS KRISTUS.     YAKUB: DARI ALLAH BAPA.
 
 21Peliharakanlah dirimu         Adapun tiap-tiap anugerah
 didalam kasih Allah, sambil     yang baik dan tiap-tiap
 menantikan rahmat Tuhan kita    karunia yang sempurna itu
 Yesus Kristus membawa kepada    dari atas, turun daripada
 hidup yang kekal. 24Maka        Bapa, pohon segala penerang
 bagi Dia yang berkuasa          dari langit, maka Ia-lah
 memeliharakan kamu daripada     yang tiada berubah dan tiada
 terserandung, serta             berbayang perubahannya.
 mendirikan kamu dengan tiada    (Yakub 1: 17)
 bercela dihadapan
 kemuliaannya, dengan
 sukacita yang amat sangat.
 (Yehuda 1: 21, 24)

KOMENTAR BEBERAPA PENGAMAT :

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
 ... maka janganlah pula kita  merasa  malu  disebabkan  oleh
 "sifat  sifat  insani  dari  Al-Kitab!  ... Malahan, menurut
 bentuk  lahir  maka  tulisan-tulisan  mereka  tidak   selalu
 "orisinil;"  ada  juga  bahan-bahan  yang  diambil-alih dari
 kesusasteraan bangsa lain, seperti orang-orang Babel, Mesir,
 Parsi    dan    Yunani.   Penulis-penulis   Al-Kitab   telah
 mempergunakan semuanya itu, sambil menjadikannya alat  untuk
 pemberitaan yang dimaksudkan mereka...
 
 Dr. G. C. van Niftrik & Ds. B. J. Boland
 ["Dogmatika Masa Kini" hal. 31]
 ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
 AL-KITAB YANG ASLI SUDAH HILANG
 
 Masih adakah surat-surat asli itu?
 
 Kitab-kitab yang asli sendiri sekarang  telah  hilang.  Kita
 hanya  mempunyai  salinan, maka Kitab Suci sekarang itu buah
 pekerjaan  orang-orang  yang  membandingkan  salinan-salinan
 sebanyak-banyaknya  dan dengan demikian mencari bentuk Kitab
 suci yang asli tersebut.
 
 Dr. R. Soedarmo (dlm buku "Ikhtisar Dogmatika" hal. 47).
 ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
 Penggambaran "Tuhan" melayang di atas awan,  dengan  membawa
 tombak,  mengacaukan  pembuatan  menara  Babil. Sungguh umat
 Katolik konsekuen dengan  bunyi  Al-Kitabnya,  bahwa  "Tuhan
 dapat  dilihat  dengan mata." (gambar reproduksi dari "Babad
 Sutji" hal. 19)
 ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
 DALAM AL-KITAB TERDAPAT PERBEDAAN-PERBEDAAN YANG AGAK BESAR:
 
 Memang ada perbedaan yang agak besar, tetapi jumlahnya hanya
 sedikit:  Akhir Injil Markus (Mark. 16: 19-20;) dan Yahya 8:
 3-11 dan; 1 Yahya 5: 7, 8.
 
 Dr. R. Soedarmo ("Ikhtisar Dogmatika" hal. 47).
 ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
 ADA KITAB-KITAB YANG DIRAGUKAN
 
 Dalam   Perjanjian   Baru   pun   ada    kitab-kitab    yang
 diragu-ragukan  antara  lain  Surat  Wahyu dan Yakobus, yang
 disebut surat jerami.
 
 Dr. R. Soedarmo ("Ikhtisar Dogmatika" hal. 49).
 ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
 "TUAN" DAN "TUHAN"
 
 Andaikata kata Kyrios dalam naskah Yunani Septuaginta dllnya
 itu  diterjemahkan  dengan  kata "Tuan," bukan "Tuhan," maka
 akan berubahlah seluruh wajah AL-KITAB.
 
 Tohari Musnamar
 ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
 AL-KITAB BUKAN KITAB YANG ISTIMEWA
 
 Oleh karena Kitab Suci hanya dipandang sebagai catatan  atau
 kesaksian  tentang pernyataan Allah maka tak dapat dikatakan
 bahwa Kitab Suci itu suatu Kitab yang istimewa, sebab diluar
 Kitab  Suci ada juga kitab-kitab yang menyaksikan pernyataan
 Allah.
 
 Dr. R Soedarmo ("Ikhtisar Dogmatika" hal. 47).
 ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
 AL-KITAB MASIH BISA DIPERBAIKI DAN DIPERLUAS:
 
 Dengan pandangan bahwa Kitab Suci hanya  catatan  saja  dari
 orang,  maka  diakui  juga  bahwa didalam Kitab Suci mungkin
 sekali ada kesalahan. Oleh  karena  itu  Kitab  Suci  dengan
 bentuk  sekarang  masih dapat diperbaiki... Kitab Suci masih
 dapat diperluas. Soal ini lazimnya disebut kanon yang  masih
 terbuka.
 
 Dr. R. Soedarmo ("Ikhtisar Dogmatika" hal. 47).
 ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
 TIDAK ADA ISTILAH "TRITUNGGAL"
 
 Didalam AL-KITAB tidak ditemukan suatu  istilah  yang  dapat
 diterjemahkan  dengan  kata  "Tritunggal" ataupun suatu ayat
 tertentu yang mengandung dogma tersebut.
 
 Dr. G. C. van Niftrik & Ds.  B.J.  Boland,  "Dogmatika  Masa
 Kini," Badan Penerbit Kristen, Djakarta 1954, hal. 418).
 ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
 PENULIS-PENULIS AL-KITAB ITU ORANG-ORANG YANG BERDOSA
 
 Maka kita dapat mengakui  selengkap-lengkapnya  bahwa  Kitab
 Suci  adalah Firman Allah. Memang orang-orang yang digunakan
 oleh Roh Suci itu orang-orang yang berdosa, pun mungkin juga
 orang-orang  yang  menentangi  Allah. Balaam (Balhum) adalah
 suatu teladan yang terang.
 
 Dr. R. Soedarmo ("Ikhtisar Dogmatika" hal. 533).
 ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
 KAUM NASRANI ADA JUGA YANG MENG-ESAKAN TUHAN SECARA MURNI
 
 Dengan  berani  mereka  mengeritik  theologia  Gereja   yang
 berdasarkan  tradisi.  Antara  lain  mereka  menolak  ajaran
 Gereja tentang Allah Tritunggal (ajaran trinitas). Sebab itu
 mereka  disebut  "orang  Anti trinitarian" atau "Unitarian,"
 karena mereka mengajarkan "unitas" atau  keesaan  Allah.  Di
 Polandia  mereka  membentuk  Gerejanya sendiri, yang dinamai
 Gereja Socinian.
 
 Dr. H. Berkhof & Dr. I.H.  Enklaar  ("Sejarah  Gereja"  hal.
 169)
 ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
 PERUMUSAN "TRITUNGGAL" HASIL USAHA MANUSIA
 
 Pada pihak lain dapat juga dikatakan: segala  ayat  tersebut
 belumlah  "membuktikan"  sahnya dogma tentang Ketritunggalan
 sebagaimana itu dirumuskan oleh  Gereja  Kristen  pada  abad
 pertama! Perumusan yang demikian adalah hasil usaha manusia;
 ... Dogma-dogma Gereja  bukanlah  "kebenaran-kebenaran  yang
 diwahyukan," melainkan hanyalah rumus-rumus bantuan saya.
 
 Dr.  G.  C.  van  Niftrik & Ds. B.J. Boland, "Dogmatika Masa
 Kini," Badan Penerbit Kristen, Djakarta 1954, hal. 419.
 ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
 "NABI ISA" DAN "TUHAN YESUS"
 
 Jika kita bandingkan pandangan Islam tentang Nabi Isa dengan
 kepercayaan  Kristen  kepada  Tuhan  Yesus,  maka  timbullah
 pertanyaan: bukankah barangkali sudah waktunya,  bahwa  baik
 orang-orang beragama Islam maupun orang-orang Kristen dengan
 terus-terang saling mengakui, bahwa "Nabi  Isa"  dan  "Tuhan
 Yesus" itu pada hakekatnya berbeda sekali satu daripada yang
 lain?
 
 Dr. G. C. van Niftrik & Ds. B.J.  Boland.  ("Dogmatika  Masa
 Kini" hal. 199).
 ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
 Penggambaran "Tuhan" mengusir  Adam  dan  Hawa  dari  surga.
 Dengan   wajah  yang  sangat  masygul  "Tuhan"  mengedangkan
 tangannya. Disinilah  penggambaran  asal-mula  ajaran  "dosa
 asal," latar belakangnya nampak Dewi Maria mendukung anaknya
 [Yesus], yang sudah disiapkanNya kelak menebus dosa manusia.
 Sungguh  dari  segi  fantasi,  Umat  Islam  kalah  jauh dari
 saudaranya Umat Katolik (Gambar  direproduksi  dari:  "Babad
 Suci" hal 12).
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
 SEBUAH LAGI PERTANYAAN
 
 Bagaimanakah penjelasannya bahwa Yesus itu benar-benar Allah
 dan  sekaligus benar-benar manusia? Dapatkah dua tabiat yang
 hakekatnya  sama  sekali  berbeda,  menjadi   satu?   Apakah
 percampuran itu tidak menjadikan Yesus "setengah Allah" atau
 "setengah manusia," yang berarti pula bukan Allah dan  bukan
 manusia?                                   (Tohari Musnamar)
 ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
 Inilah penggambaran "Trinitas": Tuhan Maha Esa yang  terdiri
 dari tiga oknum. Yaitu Allah Bapa (yang kepalanya pakai segi
 tiga), Allah Anak (yang kepalanya  pakai  salib,  dan  Allah
 Roh-kudus (burung merpati)
 
 AL-QUR'AN  melarang  keras  kepercayaan  "tatslis" tersebut.
 (gambar reproduksi dari  buku  "Pengajaran  Gereja  Katolik"
 halaman 95).
 ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
 ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
 KOMENTAR GAMBAR:
 
 "Yesus   mewahyukan   diriNya  pula  sebagai  Al-Masih  yang
 dijanjikan Tuhan" demikian antara lain komentar  dalam  buku
 "Pengajaran  Gereja  Katolik"  halaman  57.  Lebih jelasnya:
 Yesus sebagai Tuhan (yang berdiri) mewahyukan  kepada  Yesus
 sebagai  manusia  (yang  duduk  dikursi)  agar turun kedunia
 menebus  dosa   manusia.   Bagaimanakah   logikanya,   Yesus
 mewahyukan  kepada  Yesus? Terus terang saja penulis sendiri
 tidak mengerti. Nampaknya dengan adanya  konsep  "trinitas,"
 ajaran  ke-Maha  Esa-an  Tuhan  menjadi  sangat  kabur dalam
 AL-KITAB.
 ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
 SEBUAH LAGI PERTANYAAN:
 
 Jika Yesus itu Tuhan, mengapakah dia  sujud  memohon  kepada
 Tuhan  ketika  di  Getsemani?  Apakah  Tuhan  memohon kepada
 Tuhan? Apakah Tuhan yang satu kalah kekuasaannya dari  Tuhan
 lainnya?
                                             Tohari Musnamar.
 ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

                                             KATA PENUTUP

 Ajaran keTUHANAN merupakan ajaran  yang  pokok  dari  setiap
 agama.  Apabila  ajaran  keTuhanannya  salah,  maka gugurlah
 semua  amal  kebaktian   kita,   hilang   sia-sialah   semua
 pengabdian  kita, karena salah sasaran dalam berbakti kepada
 Tuhan yang sebenar-benar TUHAN.
 
 Justru, pada Hari Akhir nanti kita akan dikutuk dan dituntut
 Tuhan,  pencipta  dan  yang  menjadikan kita, andaikata kita
 salah  dalam  memilih  ALLAH  kepada  siapa  kita   serahkan
 jiwa-raga kita.
 
 Dari   hasil   studi   penulis,   ternyata   banyak   sekali
 ajaran-ajaran keTuhanan yang bersamaan antara  AL-KITAB  dan
 AL-QUR'AN.  Tetapi  kemudian, banyak pula ajaran-ajaran yang
 jauh berbeda. Penulis  merasa  tidak  pada  tempatnya  untuk
 menyatakan  mana  yang  benar  dan  mana  yang  salah.  Kami
 silahkan pembaca untuk menelaah  kembali,  merenungkan,  dan
 mengambil kesimpulan sendiri dengan bebas merdeka.
 
 Masalah  keTuhanan ini merupakan masalah yang penting sekali
 bagi hidup anda, bagi hidup kita. Andaikata ajaran KETUHANAN
 anda  kebetulan  difihak yang salah, marilah, waktunya belum
 terlambat untuk anda memperbaiki diri.
 
                                 Yogyakarta, 17 Agustus 1968.

                                         DAFTAR PUSTAKA

Abu Ferik Ibn Muttalib, "Sedjarah singkat tentang Bybel dan
     Al-Qur'an dan Hubungan antar agama," Penerbit: Jajasan
     Lembaga Penyelidikan Islam, Djakarta, 1962.
 Ahmad bin Chasan Thobari, "Fatchurrahman," Penerbit: Bairut,
     H. 1323.
 Ali Muchajat, M.S., "Bybel dan Dakwah Al-Qur'an," Penerbit:
     A.B. Sitti Sjamsijah, Sala, 1967.
 Depertemen Agama R.I., "Al-Qur'an dan Terdjemahnja,"
     Penerbit: Lembaga Penjelenggara Penterdjemah Kitab Sutji
     Al-Qur'an, Djakarta, 1965.
 Huxley, Julian, "Religion Without Revelation," Penerbit: The
     New American Library, New York, 1958.
 J. Jomier, "Al-Kitab dan Al-Qur'an" disadur oleh Lembaga
     Biblika SS. D. Tjitjurug, Penerbit: Penerbitan Jajasan
     Kanisius, Jogjakarta, 1967.
 "Kanisius" Jogjakarta, "Babad Sutji," djilid I Perdjandjian
     Lama, Penerbit: Penerbitan Kanisius, Jogjakarta, 1957.
 Kantor Kalam Hidup, "Pedoman Pokok-pokok Isi Al-Kitab,"
     Penerbit: Kantor Kalam Hidup, Bandung, 1967.
 Lembaga Al-Kitab Indonesia, "Al-Kitab," Penerbit: Lembaga
     Al-Kitab Indonesia, Djakarta, 1965.
 Mahmud Junus, "Tafsir Qur'an Karim," Penerbit: Pustaka
     Mahmudiah Djakarta, Djakarta, 1954.
 Niftrik, Dr. G.C. van cs., "Dogmatika Masakini," Penerbit:
     Badan Penerbit Kristen, Djakarta, 1967.
 Orchad, Dom Bernard cs., "A Catholic Comentary on Holy
     Sripture," Penerbit: Thomas Nelson and Sons Ltd., Edinburgh,
     1957.
 P. Wahjo O.F.M., "Pengadjaran Geredja Katolik," Penerbit:
     Obor, Djakarta, 1965.
 Soedarmo, Dr. R., "Ichtisar Dogmatika," Penerbit: Badan
     Penerbit Kristen, Djakarta, 1965.
MEMBUKA LEMBARAN-LEMBARAN KITAB SUCI
AL-KITAB DAN AL-QUR'AN
 
Drs. Tohari Musnamar
Seksi Publikasi P.P. I.S.M., 1968
Jln. Gunungketur No. 64
Yogyakarta
Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 5 Mei 2017 in Bedah Kasus

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: